Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), Laptop Ringan, Baterai Awet, Pas untuk yang Suka Bepergian

Hal penting dalam memilih sebuah laptop adalah desain yang kompak dengan performa yang menunjang semua pekerjaan komputasi yang kita lakukan. ASUS menjawab kebutuhan ini dengan kembali menghadirkan ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402). Dengan desain elegan, ringan, dan kokoh, laptop ini hadir sebagai laptop modern yang berkelas. 

Mengusung warna jade black yang terinspirasi dari keindahan bebatuan di alam, laptop ini ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen AMD Ryzen™ 5 5625U yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 8 thread serta dibekali chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Graphics, Zenbook 14 OLED (UM3402) memantapkan dirinya untuk disebut laptop serba bisa dan sangat tepat untuk penggunaan keperluan komputasi sehari–hari.


Perjalanan Panjang dari Hasil Desain Generasi Sebelumnya

Hadir dengan desain baru namun tetap menonjolkan ciri khas konsep Zenbook yang elegan dan selalu sesuai dengan perkembangan zaman, laptop ini dilengkapi dengan fitur–fitur yang dapat mempermudah penggunanya seperti 180° ErgoLift Hinge. Fitur tersebut sangat berguna untuk posisi pengetikan pengguna yang lebih nyaman. 

Selain itu, fitur NumberPad 2.0 dalam laptop ini dapat secara cepat membantu pengguna dalam meng-input angka–angka serta sensor pembaca sidik jari yang langsung terintegrasi dengan tombol daya menjadikan proses login pada laptop lebih mudah dan simpel. Hal ini juga menjadi keunikan yang terdapat pada ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402).


Untuk urusan kamera, Laptop ini dilengkapi dengan fitur Teknologi 3DNR yang membuat penggunanya tetap nyaman untuk melakukan video conference atau video call dalam kondisi yang minim cahaya dengan noise yang rendah. ASUS juga menerapkan teknologi ASUS AI Noise-Cancelling, salah satu teknologi mutakhir yang dapat menghilangkan suara bising di sekitar pengguna saat sedang melakukan conference call sehingga pengguna tak perlu merasa khawatir akan adanya suara luar yang ikut terdengar. 

Satu hal lagi yang menambah daftar keunggulan laptop ini adalah keyboardnya yang sudah dilengkapi dengan teknologi ErgoSense Keyboard yang membuat pengalaman mengetik akan menjadi lebih baik dan lega. ErgoSense Keyboard menggabungkan desain keyboard full-size dengan key pitch 19,05mm dan key travel sejauh 1,4mm sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik layaknya menggunakan keyboard PC desktop dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi. ErgoSense Keyboard juga ditemani dengan touchpad yang dilapisi oleh lapisan hydrophobic yang membuat permukaannya memiliki sentuhan yang lebih halus dan memudahkan pengguna Zenbook 14 OLED (UM3402) untuk menggunakan berbagai gestur. 


Jarak inilah yang membuat pengguna nyaman menggunakan laptop ini dalam pekerjaan yang membutuhkan durasi panjang. Terdapat pula beberapa tombol fungsi yang berguna di sepanjang baris atas yang mencakup kemampuan untuk mematikan musik dengan cepat, mengatur volume, mengubah kecerahan layar, mematikan papan sentuh, mengubah tingkat cahaya latar tombol, membuka menu Tampilan, mematikan suara. mikrofon, mematikan kamera, buka Snipping Tool, dan buka MyAsus. Secara keseluruhan, ini memberikan beberapa pilihan yang sangat nyaman tanpa harus menggunakan menu. 

Tampilan Visual OLED yang Menawan

Komitmen ASUS sebagai produsen laptop dengan layar OLED nomor satu di dunia juga tersemat dalam ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) ini. Menggunakan resolusi 2,8K (16:10) dengan berbagai fitur, teknologi, dan inovasi yang menghasilkan layar dengan visual yang kaya warna, akurat, namun tidak merusak kesehatan mata. Rasio tersebut juga menghadirkan ruang kerja yang lebih luas sehingga penggunanya dapat bekerja dengan lebih baik.

 


Teknologi layar OLED yang dimiliki ASUS memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Semua keunggulan layar ini ditujukan untuk memberikan pengalaman ekslusif karena resolusi 2.8K 90Hz yang merupakan display terbaik di kelasnya.

Performa yang Pantas Diandalkan

Berlanjut ke urusan performa,laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AMD Ryzen™ 5 5625U yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 8 thread serta dibekali chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Graphics yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya untuk menunjang aktivitasnya. Efisiensi daya prosesor yang digunakan dengan dukungan baterai 75WH, membuat laptop ini ditenggarai mampu bertahan hingga lebih dari 9 jam penggunaan berdasarkan uji baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark pada mode Modern Office. Sedangkan untuk pekerjaan lainnya, baterainya mampu bertahan seharian. Hal ini tentu sangat disukai bagi pengguna yang sering bepergian dalam melakukan pekerjaan.

Untuk proses pengisian daya, laptop ini hanya membutuhkan waktu 49 menit saja untuk mengisi daya hingga 60%. Hal yang sungguh sangat menghemat waktu dan daya listrik. Plus pengguna juga menggunakan powerbank pada saat mengisi daya. 

Untuk menyimpan data, pengguna tak perlu khawatir kehabisan tempat karena terdapat media penyimpanan SSD berkapasitas 512 GB yang terbilang lega. Dilengkapi pula dengan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 yang tentunya memiliki kecepatan proses data lebih baik dibanding pemekaian HDD konvensional biasa.




Didesain lebih ringkas dan ringan dari generasi sebelumnya, bagi pengguna yang harus atau suka bepergian, laptop dengan berat hanya 1,39Kg serta memiliki ketebalan hanya 16,9mm ini sangat pas. Tapi pengguna tak perlu khawatir, karena meskipun ringkas, port yang disematkan ke laptop ini sangat lengkap, terdiri dari USB 3.2 Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, serta sebuah SD card reader. Di samping itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) juga dibekali dengan dua port USB 3.2 Type-C yang mendukung fitur DisplayPort serta power delivery sehingga penggunanya tidak lagi membutuhkan dongle.


Selain konektivitas melalui port, Zenbook 14 OLED (UM3402) juga dibekali dengan konektivitas nirkabel berteknologi terbaru, salah satunya adalah WiFi 6E yang memungkinkan laptop ini untuk terhubung ke jaringan WiFi 6GHz yang lebih kencang. Selain itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) tetap dibekali dengan Bluetooth 5 yang dapat mempermudah penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat mulai dari mouse hingga headphone nirkabel.

Kualitas Suara yang Tak Perlu Diragukan

Berlanjut soal kualitas suara, laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem suara Dolby Atmos bersertifikasi Harman Kardon dengan dua speaker internal yang menghasilkan rentang suara yang bagus dan jernih untuk memperkaya pengalaman mendengarkan audio dari video yang sedang diputar atau ketika menonton channel youtube favorit pengguna. Lebih lengkap lagi, berikut spesifikasi ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) :

CPU :

AMD Ryzen™ 5 5625U Mobile Processor

(6-core/12-thread, 16MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

Operating System :

Windows 11 Home

Memory :

8GB LPDDR5

Storage :

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display :

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 550nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics :

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output :

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Connectivity :

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera :

Up to 1080p FHD camera

Audio :

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified

Battery :

75Wh, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension :

31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight :

1.39 Kg

Colors :

Jade Black


Secara keseluruhan, ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), ini sangat tepat digunakan bagi yang suka bepergian ataupun bekerja di dalam ruangan. Komitmen ASUS dalam keseluruhan rancangannya pada laptop ini juga termasuk pada penggunaan material ramah lingkungan. Daya tahan laptop ini juga sudah teruji dan memenuhi standar kelas militer MIL-STD-810H AS yang ketat, menjalani 12 metode pengujian yang ketat dan 26 prosedur pengujian yang berat bahkan melebihi standar industri. Semuanya untuk menghasilkan laptop modern yang mampu memenuhi semua kebutuhan penggunanya.

Untuk memiliki ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), terdapat harga spesial dan penawaran ekstra menarik dengan meluncur ke marketplace berikut ini :

https://tokopedia.link/smKlulEjbKb

atau

https://s.shopee.co.id/3VPK7bh3p7





Author : Risa Mutia

Referensi :

https://www.asus.com/id/laptops/for-home/zenbook/zenbook-14-oled-um3402/

https://www.windowscentral.com/

https://www.ultrabookreview.com/






1 comment